<body><script type="text/javascript"> function setAttributeOnload(object, attribute, val) { if(window.addEventListener) { window.addEventListener('load', function(){ object[attribute] = val; }, false); } else { window.attachEvent('onload', function(){ object[attribute] = val; }); } } </script> <div id="navbar-iframe-container"></div> <script type="text/javascript" src="https://apis.google.com/js/plusone.js"></script> <script type="text/javascript"> gapi.load("gapi.iframes:gapi.iframes.style.bubble", function() { if (gapi.iframes && gapi.iframes.getContext) { gapi.iframes.getContext().openChild({ url: 'https://www.blogger.com/navbar.g?targetBlogID\x3d11664549\x26blogName\x3danother+try\x26publishMode\x3dPUBLISH_MODE_BLOGSPOT\x26navbarType\x3dBLUE\x26layoutType\x3dCLASSIC\x26searchRoot\x3dhttp://bla3x.blogspot.com/search\x26blogLocale\x3den_US\x26v\x3d2\x26homepageUrl\x3dhttp://bla3x.blogspot.com/\x26vt\x3d3495200961887991375', where: document.getElementById("navbar-iframe-container"), id: "navbar-iframe" }); } }); </script>

another try

Thursday, March 24, 2005

International Best Seller

Habis baca Da Vinci Code, saya jadi ketagihan baca novel sejenis, padahal buku dan artikel tugas kuliah numpuk berdebu. Akhirnya iseng pengen beli novel baru. Tapi bingung musti beli yang mana, banyak banget!! Dan berhubung udah lama nggak berhubungan dengan dunia novel jadi nggak kenal dengan judul dan pengarang baru.

Ya sudah nekat, milih secara random. Random dalam arti mikir 3-4 kali dan bolak balik di depan rak buku. Mungkin yang jaga toko buku heran ngeliat saya yang komat-kamit sambil milih2 buku. Abisnya di sini buku mahal banget, paling murah 16 CHF, dijadiin rupiah sekitar 100 ribu lebih. Jadi paling enggak musti yakin kalo buku yang dibeli kagak bungkus kacang.

Hemm..udah 30 menit lebih bolak balik, kaki udah pegel dan udah mulai keringetan. Apa musti beli buku karangan Dan Brown lagi? Nanti kayak Terry Pratchett lagi. Saya mulai baca buku Terry Pratchett iseng2, tapi malah ketagihan dan jadi mono-maniac. Nggak deh, kali ini mo coba lebih adventurous (believe it or not, for me trying something new can be considered as adventurous), mo beli buku dari pengarang yang sama sekali nggak dikenal. Tapi kalo entar bukunya kagak bagus gimana? Sama aja buang uang percuma!

Terus gimana bisa tahu kalo buku bagus ato enggak? Masak mo ngendon baca seharian di toko buku (walaupun bisa, tokonya asik banget). Tiba2 otak akhirnya nemuin solusi, buku yang bagus kan biasanya best seller, ya udah cari buku yang best seller, terutama yang international best seller. Nemu deh, judulnya The Rule of Four. Di sampulnya tertulis gede2 International Best Seller, ditambah dengan berbagai komentar positif dari editor2 terkenal. Yakin deh, langsung ke kasir buat bayar, sebelom berubah pikiran.

Sampe rumah langsung buru2 ganti baju dan siap2 mo baca novel baru. Satu bab, dua bab, tiga bab, lho..kok isinya begini? Jalan ceritanya nggak jelas, hubungan antar tokoh hambar dan nggak jelas, dan banyak ilustrasi yang memperlambat cerita. Intinya, bener2 buku bungkus kacang! Kok bisa jadi International Best Seller? Udah gitu kemaren waktu balik ke toko buku, malah jadi Book of the Month! Bingung, ini saya nggak ngerti kualitas buku ato bagaimana?

Waktu ngomel2 ke Xaf, dia dengan santainya bilang, "Kamu sih yang naif. Kadang penerbit nulis International Best Seller untuk menarik perhatian pembeli, belom tentu buku itu beneran Best Seller." Gubrak!! Ini sih namanya penipuan. Sialan..nambah ngomel2 deh. Tahu begini mendingan beli Digital Fortress nya Dan Brown, mau dibilang mono-maniac kek, yang penting saya udah tahu gaya penulis dan nggak akan kena tipu sama International Best Seller.

2 Comments:

  • y-a-t il pas de biblioteque sur la belle ville de geneve?

    parce qu'ici, j'achete quasiment JAMAIS de romains, je te jure. je me rends visite a la biblioteque municipale, et des minutes plus tard j'ai Angel & Demons et tous les BestSellers entre les mains!

    Je te conseille, si ca te derange pas, alors ... mon auteur favorit c'est Stephen Leather, un Anglais, dont ouvres sont vachement convancaintes, sa specialite est le thriller, les assassins internationaux, de plus il ecrit quelques fois les scriptes de la serie " The Bill " en Royaume Uni.

    a pluche

    espresso.over-blog.com

    By Blogger MACCHIATO, at February 24, 2006 9:44 AM  

  • Macchi, buku berbahasa Inggris cuma sedikit di perpustakaan. Dan biasanya buku2 lama. Lha..namanya perpustakaan di Jenewa, yang banyak ya buku berbahasa Perancis.

    Novel-novel baru berbahasa Perancis bisa langsung tersedia di perpus. Bahasa Inggris? Tunggu beberapa bulan dulu, atau malah tidak akan tersedua sama sekali.

    By Blogger Pipit, at February 27, 2006 12:58 PM  

Post a Comment

<< Home