<body><script type="text/javascript"> function setAttributeOnload(object, attribute, val) { if(window.addEventListener) { window.addEventListener('load', function(){ object[attribute] = val; }, false); } else { window.attachEvent('onload', function(){ object[attribute] = val; }); } } </script> <div id="navbar-iframe-container"></div> <script type="text/javascript" src="https://apis.google.com/js/platform.js"></script> <script type="text/javascript"> gapi.load("gapi.iframes:gapi.iframes.style.bubble", function() { if (gapi.iframes && gapi.iframes.getContext) { gapi.iframes.getContext().openChild({ url: 'https://www.blogger.com/navbar.g?targetBlogID\x3d11664549\x26blogName\x3danother+try\x26publishMode\x3dPUBLISH_MODE_BLOGSPOT\x26navbarType\x3dBLUE\x26layoutType\x3dCLASSIC\x26searchRoot\x3dhttps://bla3x.blogspot.com/search\x26blogLocale\x3den_US\x26v\x3d2\x26homepageUrl\x3dhttp://bla3x.blogspot.com/\x26vt\x3d4702894869577277822', where: document.getElementById("navbar-iframe-container"), id: "navbar-iframe" }); } }); </script>

another try

Monday, April 04, 2005

Komentar

Males banget mau baca, ditambah temen seruangan udah pulang, jadinya tambah kagak ada motivasi buat baca bahan kuliah. Biasanya kalo ada dia ada, paling enggak gue malu browsing atau maen2 kagak karuan di kantor, tapi..Ya sudahlah. Sebelom ikutan kabur mendingan gue nge-blog ide yang udah ada di kepala selama hampir seminggu.

Kali ini mau bagi2 pengalaman panasnya kuping mendengarkan berbagai komentar dari orang2, teman, orang yang sok kenal dan sok dekat, tetangga, keluarga, atau orang yang kurang kerjaan tentang hubungan gue dengan ex-pacar (sekarang udah diiket sama cincin kawin) yang orang asing.

Dari temen2 cewek yang...

temen baek: ...glad that you finally found someone that may be able to understand you better...jangan lupa traktir2, dan promosi poto gue ya ke temen2nya yang ok punya.

(komentar kayak gini enggak bikin kuping gue panas, paling bikin dompet tipis. Xaf paling cuman geleng2 kepala, bingung gimana caranya ngebantuin gue promosi temen2 gue)

temen baek yang keseringan baca serial cantik, nonton serial komedi romantis ato novel2 cerita cinta: ...aduh asik dong dapet bule, pasti romantis deh. Entar eloe berdua bisa dansa waltz, kalo dia kencan dibawain bunga, candlelight dinner, pesiar ke perancis, roma, venisia, etc..

(ngadepin komentar kayak gini gue cuman bisa senyum miris. Miris ngeliat segitu terbuainya temen2 gue dengan cerita2 romantis ala telenovela, dan miris karena tahu gue hidup bukan dalam cerita telenovela. Mau dansa yang ada kita injek2an kaki, beli bunga itu buang2 duit, mo pesiar ke kota2 romantis, budget kita berdua yang nota bene masih berstatus pelajar tipis banget. Gaji sebagai asisten yang pas2an abis buat bayar segala macem rekening)

temen baek yang punya jiwa istri dan keibuan yang membludak: ...aduh pit, selamat ya. Cepetan punya baby dong, pasti anak eloe cakep deh, indo kan. Entar anak eloe dijodohin ama anak gue, gue udah pesen pokoknya.

(dalam hati ngedumel..emang gue kucing kampung yang dikawinin ama kucing ras?)

temen biasa yang niatnya kagak jelas: ...wah, kok bisa sih dapet bule? dari chatting ya? Gue juga punya banyak temen chatting bule lho. Mereka ngajakin gue pacaran, malah nyuruh dateng ke tempatnya, tiketnya dibayarin pula. Gue terima ah (padahal belom pernah ketemu muka sama sekali, cuman denger gombalan doang), buktinya eloe bisa dapet bule.

(kalo ada yang komentar kayak gini gue langsung bingung, kagak tahu musti bales apa. Pertamanya gue berusaha ngejelasin kalo gue emang kenal lewat internet, cuman kagak kayak yang mereka bayangin. Terus berusaha nasehatin jangan cepet percaya sama gombalan lewat chatting, karena banyak pervert yang berusaha manfaatin kenaifan ce dari negara dunia ketiga yang ngebet banget jalan2 ke Eropa ato Amerika. Yang ada mereka ngeliat gue dengan pandangan curiga dan sinis, seakan berkata, "emang eloe aja yang bisa dapet bule. Gue juga bisa dong. Kok eloe malah ngalang-ngalangin sih?")

temen biasa yang jelmaan si Sirik: ...enak dong dapet bule, pasti duitnya banyak. Pasti deh eloe dibayarin macem2, udah gitu bisa jalan2 ke luar negeri gratis. Kok bisa sih? ...yang paling parah ada yang nyeletuk kayak gini, bercanda maksudnya (yeah right)...iya pit, eloe kan mukanya indonesia banget, kulit eloe gelep dan natural (kampungan, red) makanya dia suka...ato..'ceile, dream comes true ni ye..'

(ini komentar yang bikin kuping panas dan bikin tangan gatel. Entah kenapa orang Indonesia seneng banget bercanda yang kagak lucu)

Dari temen cowok...

temen baek: ...I'm so happy for you. Hope he'll be able to understand you better. It's good, as you are always out of place here.

(satu kata, thanks guys)

yang laen: ...wah pacarannya udah sampe mana aja..ehm..ehm...asik dong, tinggal di eropa, pacaran ama bule, pasti deh udah lepas landas yee..ato yang paling parah..wah pasti puas dong, kan orang bule 'anu'nya gede!

(komentar2 kayak gini menandakan dengan jelas ke-frustasian co Indonesia. Nafsu seksual gede, cuman takut dosa, yang ada malah becanda2 jorok. Heran deh, kenapa sih cowok ngerasa kalo becanda tentang seksualitas itu lucu ato jantan? Gee..get a grip guys)

Dari keluarga: ...pokoknya dia musti pindah agama..titik, kagak pake koma...(setelah Xaf ganti nama jadi Zafri al Karim)...apalagi sih yang ditunggu2 pit, jangan married lama2, apa kata tetangga nanti (I believe everybody was afraid that I would be pregnant before marriage. No confidence whatsoever with their own daugther, sigh)...(setelah married)...udah hamil? apa sih yang ditunggu2..kan anak kamu pasti cakep..

(gue rasa orang2 bener2 mandang gue sebagai kucing kampung deh)

Dari tetangga ato orang orang iseng: (komentar di belakang punggung gue)...udah tahu kalo anaknya ibu tuti pacaran ama orang bule? ya ampun..kok orang tuanya ngebolehin sih? Udah ngapain aja ya mereka..astagfirullah..kalo saya mah, udah saya tindak...(pas married)..wah kok menikahnya kayaknya buru2 ya...jangan2 hamil *gubrak*...(dua tahun abis akad, kali ini komentarnya di depan muka)...gimana pit? udah? udah belom? Jangan ditunda2, pamali lho, ato bermasalah ya?

(Mind your own business people!! Orang senengnya suuzon aja.. Kagak bisa percaya kalo gue yang dicap liar ini bisa punya moral yang kagak terlalu ancur2an. Gue yakin, pas abis kawinan, pasti ibu2 sekampung sibuk ngitungin bulan, mau mastiin kalo gue kawin karena hamil duluan)


Mungkin menurut kalian komentar sambil bercanda itu nggak apa2, dan ngomentarin orang itu sah2 aja. Emang bener sih, semua orang berhak untuk berkomentar, tapi inget, orang yang dikomentarin juga berhak untuk nggak nerima komentar2 yang dianggap 'normal'. Coba deh, sebelom komentar ato berpikir untuk berkomentar, cek diri sendiri dulu..udah pantes belom?

Terus terang, gue udah kenyang mendengarkan komentar baik yang langsung maupun yang dibelakang punggung (desas-desus kok pake corong suara?). Kuping udah panas, dan bibir udah kaku mamerin senyum beku. Satu pelajaran, gue jadi lebih berhati2 dalam berkomentar, setelah mengalami jadi pihak yang dikomentarin.

Tapi komentar yang gue dapet bukan cuman dari indo aja kok, dari pihak si bule juga ada. Entar di part 2...

bersambung

0 Comments:

Post a Comment

<< Home