<body><script type="text/javascript"> function setAttributeOnload(object, attribute, val) { if(window.addEventListener) { window.addEventListener('load', function(){ object[attribute] = val; }, false); } else { window.attachEvent('onload', function(){ object[attribute] = val; }); } } </script> <div id="navbar-iframe-container"></div> <script type="text/javascript" src="https://apis.google.com/js/platform.js"></script> <script type="text/javascript"> gapi.load("gapi.iframes:gapi.iframes.style.bubble", function() { if (gapi.iframes && gapi.iframes.getContext) { gapi.iframes.getContext().openChild({ url: 'https://www.blogger.com/navbar.g?targetBlogID\x3d11664549\x26blogName\x3danother+try\x26publishMode\x3dPUBLISH_MODE_BLOGSPOT\x26navbarType\x3dBLUE\x26layoutType\x3dCLASSIC\x26searchRoot\x3dhttps://bla3x.blogspot.com/search\x26blogLocale\x3den_US\x26v\x3d2\x26homepageUrl\x3dhttp://bla3x.blogspot.com/\x26vt\x3d4702894869577277822', where: document.getElementById("navbar-iframe-container"), id: "navbar-iframe" }); } }); </script>

another try

Monday, June 20, 2005

Lengkapilah sebelum dikirim

Hari Senin adalah hari yang sering diwarnai dengan jumpalitan sana sini, sibuk menyelesaikan kerjaan yang ditinggal pergi selama week-end. Hari Senin ini sama, tetep jumpalitan, tapi bukan karena selama week-end istirahat. Akhir pekan kemarin saya dengan tabah tetap pergi ke kantor, sampe-sampe ada dosen yang heran dan komentar.."Pipit, you are here?!! The semester is over, you know." Tapi ya mau bagaimana lagi, tugas yang harus diselesaikan banyak banget, dan semua harus selesai sebelum saya minggat pulang.

Hari Senin ini saya seperti kurcaci kebakaran jenggot karena malasnya para manusia untuk mengerjakan sesuatu dengan baik dan benar. Saya ini sekarang ditugaskan jadi seksi sibuk untuk lokakarya yang diadakan oleh kampus. Semua hal2 yang berbau sektretariat saya yang musti ngurusin. Termasuk dalam menyusun lamaran dari seluruh pelajar yang berminat untuk ikutan lokakarya. Kalo dipikir2 gampang..cuma kirim email, baca email, balas email, nge-print lamaran, nyusun daftar dan masukin lamaran2 ke dalam folder.

Tapi ternyata pekerjaan ini tidaklah segampang yang saya kira..bukan karena mati lampu atau tinta printer abis..tapi karena para pelamar itu tidak bisa (atau mau) membaca dengan teliti syarat2 yang harus dipenuhi dalam lamarannya. Padahal cuma diminta untuk mengirim 3 macam dokumen tapi masih ada aja yang dengan cueknya mengirim hanya satu atau dua, atau nekat tetep ngirim walaupun sudah jelas2 profil mereka tidak sesuai dengan apa yang kami cari. Ini kan namanya nambah kerjaan saya aja. Saya harus mengirim email untuk meminta para pelamar itu untuk melengkapi lamarannya. Memang saya sih yang terlalu baik hati, kalau orang lain, lamaran mereka sudah dibuang ke tempat sampah!! Karena secara umum, hanya lamaran yang lengkap yang akan diperhatikan.

Sudah begitu, masih saja ada orang yang tidak mengerti informasi dasar yang harus dicantumkan di dalam biodata diri. Yang namanya jenis kelamin, kewarganegaraan dan tanggal lahir itu kan sudah jelas-jelas wajib dicantumkan!! Jadilah saya harus mengirim puluhan email hanya untuk menanyakan ulang tahun atau warga negara. Kalo masalah jenis kelamin saya terus terang bingung bagaimana harus menanyakannya. Nggak kebayang kalo harus menulis..'please confirm if you are male or female'. Jadi ya saya kira2 aja. Padahal bagi para perempuan, mencantumkan jenis kelamin mereka akan menguntungkan bagi mereka sendiri, karena sekarang kan lagi trend memberdayakan perempuan dan memberikan prioritas bagi mereka.

Bagi para pembaca, tips hari ini:

Bila anda mengirimkan lamaran, harap diperiksa dua atau tiga kali sebelum dikirim. Pastikan bahwa lamaran sudah lengkap, dan semua informasi yang mungkin diperlukan sudah dicantumkan dengan ringkas dan jelas. File lamaran yang lengkap, jelas dan tersusun dengan rapi akan mengundang minat pemeriksa lamaran dan akan mendapatkan nilai plus.

Ingatlah bahwa pihak yang dikirimi lamaran menerima puluhan bahkan ratusan lamaran. Tidak semua orang setabah saya yang memberikan kesempatan kepada yang lain untuk melengkapi lamaran. Sayang sekali kalau lamaran anda tidak diindahkan hanya karena lupa mengikutsertakan surat pengantar atau tanggal lahir.

1 Comments:

  • wah satu rekomendasi lagi: lamaran harus dikirim ke alamat yang tepat, jangan asal kirim atau ngambil dari yellow page. Aku sering nerima CV padahal kita ga punya HR (human resource dept), jadi kadang cvnya aku robek dan buang. Soalnya ga berguna.....

    By Anonymous Anonymous, at June 21, 2005 9:47 AM  

Post a Comment

<< Home