<body><script type="text/javascript"> function setAttributeOnload(object, attribute, val) { if(window.addEventListener) { window.addEventListener('load', function(){ object[attribute] = val; }, false); } else { window.attachEvent('onload', function(){ object[attribute] = val; }); } } </script> <div id="navbar-iframe-container"></div> <script type="text/javascript" src="https://apis.google.com/js/platform.js"></script> <script type="text/javascript"> gapi.load("gapi.iframes:gapi.iframes.style.bubble", function() { if (gapi.iframes && gapi.iframes.getContext) { gapi.iframes.getContext().openChild({ url: 'https://www.blogger.com/navbar.g?targetBlogID\x3d11664549\x26blogName\x3danother+try\x26publishMode\x3dPUBLISH_MODE_BLOGSPOT\x26navbarType\x3dBLUE\x26layoutType\x3dCLASSIC\x26searchRoot\x3dhttps://bla3x.blogspot.com/search\x26blogLocale\x3den_US\x26v\x3d2\x26homepageUrl\x3dhttp://bla3x.blogspot.com/\x26vt\x3d4702894869577277822', where: document.getElementById("navbar-iframe-container"), id: "navbar-iframe" }); } }); </script>

another try

Wednesday, April 20, 2005

NostalgiLa...

Ngebaca bahan kuliah sambil ngedengerin Chrisye jadi kangen sama masa lalu. Jadi inget waktu gue masih muda..*serasa udah nenek2*...jadi pengen nulis cerita nostalgila masa SMA. Kenapa nostalgila? Abisnya pengalaman ini adalah salah satu pengalaman yang paling memalukan dalam hidup gue (gue emang sering banget memalukan diri sendiri *sigh*).

Waktu kelas satu SMA gue sebangku ama Ari. Gue kenal semenjak SMP, tapi nggak berapa dekat. Berhubung temen sebangku, kita jadi temen seperjuangan dalam peliknya kehidupan remaja. Kebetulan sahabat dia dan sahabat gue duduk sebangku di kelas sebelah. Jadilah kita kemana2 berempat. Gue yang galak, cerewet, dan kagak menarik sama sekali; Ari yang cantik, tinggi, populer, tapi sebenernya sering panik kalo masalah cowok; Herni yang pinter, cool, supel, dan kalo ngomong super nge-rap; dan Irma yang kalem, baek hati, rendah hati dan sayangnya juga sering rendah diri.

Ceritanya terjadi kira2 nggak lama setelah kemasukan kelas. Seluruh pelajar harus menghadiri ceramah agama yang diadakan untuk seluruh pelajar SMA di kota. Ya sebagai anak baru, kita sih nurut2 aja. Jadilah kita ngendon di bangku tribun di GOR sambil pura2 berusaha ngedengerin ceramah, bersama dengan banyak pelajar dari sekolah yang lain. Kita duduk barengan dong..seperti biasanya.

Tiba2 kita dilempari peluru2 kertas dari barisan belakang..nah lho..gue langsung naek darah. Langsung ngomel2, ini siapa sih..iseng amat. Nggak tahu apa gue lagi berusaha konsentrasi, siapa tahu entar ditanya ama guru tentang isi ceramah. Gue liat kiri kanan, depan belakang, ternyata peluru kertas itu ditujuin buat Ari..Aduh..ini nih susahnya temenan sama cewek cakep. Banyak banget yang ngusilin, nyoba narik perhatian.

"..ri, eloe kenal nggak sama itu anak2 iseng?" gue tanya. "Nggak deh pit"
Gue langsung nengok ke belakang, sambil pasang tampang sebel dan garang. Eh..hujan peluru kertasnya malah tambah gencar..

Ujung2nya, 2 dari gerombolan cowok2 itu turun ke barisan kita. Ari langsung panik.."aduh pit, malah didatengin tuh. Pit eloe duduk di pinggir dong, eloe yang hadepin ya." Ya beginilah nasib si pipit, selalu ditumbalin buat ngadepin orang iseng, mentang2 gue galak. Jadilah gue pindah, sambil siap2 ngasih ceramah pedes ke anak2 iseng.

Bener kan...mereka nanya macem2..udah lupa pertanyaannya, satu yang inget. Mereka tanya.."SMA mana?" Gue dengan bangga dan galaknya jawab, "SMA 2, emang kenapa?" Eh disahutin.."Masuknya pasti nyogok ya..nggak usah bangga gitu deh" Nekat itu orang..langsung gue semprot "Kalo ngomong nggak usah seenaknya ya..saya masuk nggak perlu pake nyogok. Buktinya saya bisa masuk 1-2!" Irma yang duduk di sebelah gue udah pucet ngeliat gue yang udah naek darah..dia sibuk narik2 lengan gue, sambil bisik "pit..pit..udah pit." Inti cerita cowok2 itu balik lagi ke barisan belakang, dan gue wanti2 ke Ari buat cuek.

Gue kira sampe segitu aja ceritanya, tu parles. Keesokan harinya, seperti biasa gue ama Irma berjalan barengan ke depan pintu gerbang setelah turun dari angkot. Di sebuah beranda rumah di samping gerbang ada sekumpulan anak2 cowok senior yang baru pulang sekolah. Gue nggak merhatiin siapa, dan emang biasa di rumah itu rame senior. Tapi tiba2..satu dari mereka teriak.."eh..itu anak SMA2 kemaren!!" Dan rame2 mereka berjalan menuju pintu gerbang pas di samping jalan. Gue hampir pingsan! Pengen rasanya nyemplung ke got di pinggir jalan. Mampus deh, ternyata anak2 kemaren itu senior kelas 3!! Mampus..mampus..Me and my big mouth! Irma langsung pucet "aduh pit, gimana nih..apa musti nyebrang jalan." "Nggak usah, terus jalan. Cuek aja, pura2 nggak denger. Nggak usah nunduk kayak gitu, liat lurus ke depan, kepala tegak. Ayo!"

Jadilah kita berdua lewat di depan pager rumah itu yang penuh dengan senior yang sibuk berkomentar nyeleneh, "Halo anak SMA2..wah pake kaca mata ya..pasti pinter deh..anak SMA 2 kan" sambil ketawa ketiwi. Bener2 pengalaman memalukan seumur hidup! Nggak tahu kekuatan dari mana yang membuat gue sanggup jalan tegak begitu.

Tapi pengalaman ini ternyata bersambung ke persahabatan baru dengan para "the untouchable" (bagi anak kelas satu, anak kelas tiga itu setengah dewa), dan cerita ini adalah awal dari cerita masa SMA gue yang penuh warna. Cerita yang menolak untuk terhapus oleh waktu.

*dedicated to my three best girl friends and the untouchable.
*penulis memohon maaf atas ketidakakuratan beberapa dialog. Maklum, cerita ini sudah berumur hampir 13 tahun.

1 Comments:

  • Waduh gua dimana yah waktu jaman2 itu pit hehe.. jaman SMA dulu aslinya gua masih amat pemalu, hmm jadi pengen nulis something ttg masa itu, nanti abis ujian deh :)

    By Anonymous Anonymous, at April 23, 2005 3:29 PM  

Post a Comment

<< Home