<body><script type="text/javascript"> function setAttributeOnload(object, attribute, val) { if(window.addEventListener) { window.addEventListener('load', function(){ object[attribute] = val; }, false); } else { window.attachEvent('onload', function(){ object[attribute] = val; }); } } </script> <div id="navbar-iframe-container"></div> <script type="text/javascript" src="https://apis.google.com/js/plusone.js"></script> <script type="text/javascript"> gapi.load("gapi.iframes:gapi.iframes.style.bubble", function() { if (gapi.iframes && gapi.iframes.getContext) { gapi.iframes.getContext().openChild({ url: 'https://www.blogger.com/navbar.g?targetBlogID\x3d11664549\x26blogName\x3danother+try\x26publishMode\x3dPUBLISH_MODE_BLOGSPOT\x26navbarType\x3dBLUE\x26layoutType\x3dCLASSIC\x26searchRoot\x3dhttp://bla3x.blogspot.com/search\x26blogLocale\x3den_US\x26v\x3d2\x26homepageUrl\x3dhttp://bla3x.blogspot.com/\x26vt\x3d3495200961887991375', where: document.getElementById("navbar-iframe-container"), id: "navbar-iframe" }); } }); </script>

another try

Wednesday, September 07, 2005

Manfaat kopi

Kopi tidak hanya berguna untuk 'membangunkan' kita di pagi hari atau mengganjel mata waktu kita masih harus ngendon di kantor sore-sore. Ada dua fungsi kopi yang sudah saya buktikan sendiri.

Pertama, ampas kopi bermanfaat sebagai pupuk tanaman pot. Jadi untuk yang sering minum kopi (bukan nescafe yang non-ampas), ampas kopi jangan dibuang. Ampas kopi tinggal ditaburkan ke atas permukaan tanah untuk tanaman pot. Pupuk yang hemat dan ramah lingkungan. (Catatan: tidak disarankan untuk menggunakan pupuk kopi untuk tanaman anggrek atau kaktus).

Kedua, bubuk kopi bisa digunakan untuk pertolongan pertama luka pada hewan. Kalau hewan kesayangan (mamalia) anda terluka, taburkan bubuk kopi pada luka tersebut. Kopi akan mempercepat proses pengeringan luka luar pada hewan, dan tidak akan berbahaya bila terjilat oleh hewan tersebut (iodine bisa berbahaya bila terjilat oleh hewan). Tentu saja bila luka yang diderita sangat dalam dan parah, hewan harus dibawa ke dokter.

5 Comments:

  • Itu sesuai rekomendasi dokter nggak? :D

    Khawatirnya nanti kalo ngasih pertolongan pertama pada hewan kesayangan malah hewannya minta ngopi lagi.. gimana coba?

    By Anonymous Imponk, at September 09, 2005 3:12 PM  

  • Nanti ya tak tanyain ama dokter hewan temenku. Tapi emang pernah dicoba dan manjur lho. Tips ini sebenernya dari tukang bendi di kampung nenek.

    Tapi iya juga ya Mponk, kalau si guk guk jadi seneng ngopi, yang ada entar saingan sama majikannya..hihi. :)

    By Blogger Pipit, at September 09, 2005 3:40 PM  

  • itu berlaku untuk kopi robusta atau arabica ?

    *garing banget siy gw*

    By Anonymous andry, at September 10, 2005 3:28 PM  

  • Pertanyaan saya malah lebih aneh lagi, sebenernya apa sih beda kopi robusta ama arabica? Dulu pernah diterangin asalnya beda..cuma lupa..hayo..siapa yang tahu?

    By Blogger Pipit, at September 10, 2005 5:42 PM  

  • Jenis biji kopi

    Ada dua spesies dari tanaman kopi; Arabika adalah kopi tradisional, dan dianggap paling enak rasanya, Robusta memiliki kafein yang lebih tinggi dapat dikembangkan dalam lingkungan di mana Arabika tidak akan tumbuh, dan membuatnya menjadi pengganti Arabika yang murah. Robusta biasanya tidak dinikmati sendiri, dikarenakan rasanya yang pahit dan asam. Robusta kwalitas tinggi biasanya digunakan dalam beberapa campuran espresso.


    Kopi Arabika biasanya dinamakan oleh dermaga di mana mereka diekspor, dua yang tertua adalah Mocha dan Jawa. Perdagangan kopi modern lebih spesifik tentang dari mana asal mereka, melabelkan kopi atas dasar negara, wilayah, dan kadangkala ladang pembuatnya. (wikipedia)

    By Blogger Nunung Indrianto, at February 22, 2007 5:41 AM  

Post a Comment

<< Home