<body><script type="text/javascript"> function setAttributeOnload(object, attribute, val) { if(window.addEventListener) { window.addEventListener('load', function(){ object[attribute] = val; }, false); } else { window.attachEvent('onload', function(){ object[attribute] = val; }); } } </script> <div id="navbar-iframe-container"></div> <script type="text/javascript" src="https://apis.google.com/js/plusone.js"></script> <script type="text/javascript"> gapi.load("gapi.iframes:gapi.iframes.style.bubble", function() { if (gapi.iframes && gapi.iframes.getContext) { gapi.iframes.getContext().openChild({ url: 'https://www.blogger.com/navbar.g?targetBlogID\x3d11664549\x26blogName\x3danother+try\x26publishMode\x3dPUBLISH_MODE_BLOGSPOT\x26navbarType\x3dBLUE\x26layoutType\x3dCLASSIC\x26searchRoot\x3dhttp://bla3x.blogspot.com/search\x26blogLocale\x3den_US\x26v\x3d2\x26homepageUrl\x3dhttp://bla3x.blogspot.com/\x26vt\x3d3495200961887991375', where: document.getElementById("navbar-iframe-container"), id: "navbar-iframe" }); } }); </script>

another try

Wednesday, August 31, 2005

Resep praktis sekali...

Setelah menulis tentang pesta yang praktis, tidak afdol rasanya kalau tidak menulis tentang resep masakan yang praktis. Resep yang bisa bikin setiap jamuan makan atau pesta menjadi lebih ringkes. Resep praktis ini juga bermanfaat bagi mereka yang sedang diet, atau sebagai cemilan bagi si kecil.

Crudité à la sauce mayonaisse (lalapan dengan saus mayonaisse)

Bahan:
- Wortel
- Kembang kol
- Paprika (buang bijinya)
- Ketimun

Seluruh sayuran dicuci dengan air matang sampai bersih, kemudian dipotong korek api memanjang.

Saus:
- Mayonaisse
- Bubuk cabe
- Bubuk bumbu kari atau bumbu lainnya
- Saus tomat

Mayonaisse dicampur dengan bubuk cabe ATAU bumbu kari ATAU saus tomat (tidak dicampur semuanya). Masukkan ke dalam mangkok.

Sajikan sayuran di piring, dengan mangkok berisi berbagai ragam saus mayonaisse di sampingnya. Cara memakannya seperti rujak petis. Sayuran tinggal dicocol saus. Enak, sehat, dan praktis.


Salade de fruits (koktil buah)

Bahan:
- 4-6 buah apel (kalau bisa dengan jenis yang berbeda, yang kulitnya hijau dan merah. Rasa akan lebih meriah, dan warna pun makin ramai. Jangan dikupas, dan dipotong dadu-dadu)
- 1 buah mangga (potong dadu-dadu)
- Melon secukupnya (potong dadu-dadu)
- Anggur secukupnya (lebih baik yang berwarna hijau, karena daging buah lebih kering. Belah dua memanjang)
- Pisang secukupnya (dipotong bulat-bulat, jangan terlalu tipis)
- Jeruk sunkiss secukupnya (dikupas kulitnya lalu dipotong dadu-dadu)
- 1 buah jeruk nipis (ambil airnya)
- Gula pasir secukupnya

Cuci bersih semua buah, lalu potong-potong. Masukkan ke dalam mangkok. Lalu siram dengan air jeruk nipis, aduk-aduk sampai merata. Taburkan gula pasir secukupnya, sambil terus diaduk. Biarkan selama 10 menit, cicipi. Kalau kurang manis tambahkan kembali gula pasir. Masukkan ke dalam lemari pendingin.

Sajikan dalam keadaan dingin, dalam mangkok kecil. Untuk mempermanis, letakkan selembar daun mint di atas permukaan buah.

4 Comments:

  • mm kalo resep kedua di sini namanya macedonia. Biasanya kita makan pas tahun baruan, tp kalo di rumah mertua, anggurnya dikupas begitu juga mandarinnya (maksudnya ga ada tuh putih2nya). Jadi..bisa mrekrut 4 org persiapannya, maklum keluarga besar...he he...

    By Anonymous naga, at August 31, 2005 12:29 PM  

  • Yang gua tahu elo jago banget kalau bikin kue enak, boleh juga tuh bagi2 rahasianya, pa tau aja someday bisa jadi referensi gua (baca : istri gua) he3x..

    By Anonymous Wira, at September 01, 2005 5:51 AM  

  • Mbak Naga: Memang bener mbak, kalau bikinnya untuk banyak orang harus ada yang dikaryakan untuk motong buah. Tapi kok anggurnya pakai dikupas dulu? Baru denger..

    Wira: Mau tahu resep kue gue? Bayar hak cipta dong..hahaha. Iya deh entar gue tulis resep Black Forest kesukaan eloe. :)

    By Blogger Pipit, at September 01, 2005 8:19 AM  

  • anggurnya dikupas, karena sekalian di sini kalo teng jam 12 (memasuki th baru), tiap teng, kita musti telen satu anggur, kalo ngga ngikutin tradisi ini, nanti th berikutnya sial, gitu loh...heh he..jadi kalo anggur tanpa kulit, makannya lebih cepet....

    By Anonymous naga, at September 01, 2005 10:49 AM  

Post a Comment

<< Home