<body><script type="text/javascript"> function setAttributeOnload(object, attribute, val) { if(window.addEventListener) { window.addEventListener('load', function(){ object[attribute] = val; }, false); } else { window.attachEvent('onload', function(){ object[attribute] = val; }); } } </script> <div id="navbar-iframe-container"></div> <script type="text/javascript" src="https://apis.google.com/js/platform.js"></script> <script type="text/javascript"> gapi.load("gapi.iframes:gapi.iframes.style.bubble", function() { if (gapi.iframes && gapi.iframes.getContext) { gapi.iframes.getContext().openChild({ url: 'https://www.blogger.com/navbar.g?targetBlogID\x3d11664549\x26blogName\x3danother+try\x26publishMode\x3dPUBLISH_MODE_BLOGSPOT\x26navbarType\x3dBLUE\x26layoutType\x3dCLASSIC\x26searchRoot\x3dhttps://bla3x.blogspot.com/search\x26blogLocale\x3den_US\x26v\x3d2\x26homepageUrl\x3dhttp://bla3x.blogspot.com/\x26vt\x3d4702894869577277822', where: document.getElementById("navbar-iframe-container"), id: "navbar-iframe" }); } }); </script>

another try

Thursday, August 18, 2005

Ingat-ingat...

Setiap orang berevolusi. Manusia yang sekarang adalah hasil dari perjalanan manusia tersebut di masa lalu dan persiapan untuk impiannya di masa datang. Masa lalu menurut saya sangat penting, terlepas dari apakah masa itu dipenuhi oleh air mata, senyum, tawa atau sakit kepala.

Banyak yang bilang saya ini punya ingatan seperti gajah, susah untuk melupakan sesuatu. Mungkin...Tapi benar saya masih ingat berbagai pesan dari berbagai manusia di sekitar saya, pesan yang mempengaruhi diri saya dalam bertindak maupun dalam berpikir. Di antaranya,

"Pipit..kamu ini memang T.O.L.O.L!", kata guru kelas satu SD saya. Pesan ini terukir selamanya dalam otak saya, dan saya pun berusaha keras untuk membuktikan pada ibu tersebut bahwa dia salah besar.

"Pipit..kalau kamu mau menjawab pertanyaan bapak guru langsung saja, jangan menyuruh teman sebelah kamu", kata guru kelas empat SD saya. Bapak guru membuat saya mengerti bahwa kita tidak boleh takut akan pendapat kita sendiri, dan jangan memberikan kesempatan pada orang lain untuk memperoleh keuntungan dari hasil karya kita.

"Manusia itu adalah makhluk yang self-centered. Mau buktinya? Coba lihat sewaktu kita melihat poto bersama, pasti orang pertama yang kita lihat adalah diri kita sendiri." kata salah satu dosen favorit saya di masa kuliah dulu. Komentar pak dosen ini sangat mengagetkan saya waktu itu, dan...bapak, anda benar sekali.

Ah guru...hutang saya kepada anda semua tidak akan bisa terbayar sampai kapan pun. Saya bisa menulis karena tangan ibu guru waktu SD dengan tegas menggenggam tangan saya dan menuntun saya untuk menuliskan setiap abjad. Saya bisa membaca dan berhitung juga karena mereka. Saya bisa berpikir karena mereka selalu menantang saya untuk menjawab pertanyaan.

3 Comments:

  • Setuju pit. Bicara ttg evolusi, itu bisa membuat seseorang lebih baik dgn kesadarannya untuk belajar dari hidup, secara kontinu, jatuh dan bangkit lagi lalu berusaha menghindari lubang yang sama..

    By Anonymous Anonymous, at August 18, 2005 6:14 PM  

  • selain berevolusi, juga berseleksi alam. kayak biologi ajah :D

    By Anonymous Anonymous, at August 20, 2005 11:26 PM  

  • wah.. aku selalu suka suka baca blogmu pit.. bagus untuk menambah wawasan dan pengembangan diri agar lbh baik :) thanks yah

    By Anonymous Anonymous, at October 13, 2006 9:00 AM  

Post a Comment

<< Home