<body><script type="text/javascript"> function setAttributeOnload(object, attribute, val) { if(window.addEventListener) { window.addEventListener('load', function(){ object[attribute] = val; }, false); } else { window.attachEvent('onload', function(){ object[attribute] = val; }); } } </script> <div id="navbar-iframe-container"></div> <script type="text/javascript" src="https://apis.google.com/js/plusone.js"></script> <script type="text/javascript"> gapi.load("gapi.iframes:gapi.iframes.style.bubble", function() { if (gapi.iframes && gapi.iframes.getContext) { gapi.iframes.getContext().openChild({ url: 'https://www.blogger.com/navbar.g?targetBlogID\x3d11664549\x26blogName\x3danother+try\x26publishMode\x3dPUBLISH_MODE_BLOGSPOT\x26navbarType\x3dBLUE\x26layoutType\x3dCLASSIC\x26searchRoot\x3dhttp://bla3x.blogspot.com/search\x26blogLocale\x3den_US\x26v\x3d2\x26homepageUrl\x3dhttp://bla3x.blogspot.com/\x26vt\x3d3495200961887991375', where: document.getElementById("navbar-iframe-container"), id: "navbar-iframe" }); } }); </script>

another try

Saturday, April 22, 2006

Pelajaran English Grammar 1

Kali ini saya mau membahas beberapa struktur kalimat dalam bahasa Inggris yang menggunakan verb+ing. Tense yang menggunakan verb+ing ini ada 3:

- Present continous tense : Subyek + to be + verb (ing)
- Past continous tense : Subyek + was/were + verb (ing)
- Past perfect continous tense : Subyek + has/have + been + verb (ing)

Kalau dilihat ada satu kata yang menunjukkan keistimewaan penggunaan verb (ing), yaitu continous. Artinya, kalimat yang menggunakan verb (ing) ingin menceritakan atau menggambarkan sebuah kegiatan yang kontinu, yang berlangsung dalam jangka waktu tertentu secara berkelanjutan.

Present continous tense
Digunakan untuk kegiatan yang SEDANG dilakukan, yang dimulainya baru saja, dan masih akan dilakukan untuk beberapa waktu.

Contoh: I am eating lunch.

Bisa diartikan, lagi makan siang dan di piring nasinya masih setengah. Jadi masih akan menghabiskan makan siang dalam beberapa menit lagi.

Nah kalau ceritanya pas malam-malam, tinggal dirubah I was eating lunch at Japanese restaurant, misalnya. Ini artinya makan siangnya kan berlangsung untuk suatu periode waktu di masa lampau, dari jam 1-2 siang misalnya. Pada waktu makan siang pun kegiatan menyantap hidangan berlangsung secara kontinu bukan? Tidak menyuap nasi terus lari ke ruangan sebelah untuk membalas email, terus balik lagi ke ruang makan, menyuap nasi, kemudian disambung dengan mengantarkan teman ke pasar, dst.

Jadi past continous tense digunakan untuk menggambarkan suatu kegiatan yang berlangsung secara kontinu pada waktu lampau. Kegiatan tersebut dimulai di masa lampau (jam 1 siang) dan berakhir di masa lampau juga (jam 2 siang) dalam sebuah durasi waktu (satu jam, dari jam 1 - 2 siang).

Lalu bedanya apa dong dengan past perfect continous tense? Bedanya terletak pada selesai tidaknya kegiatan yang digambarkan. Jadi kalau dikau makan siang dari jam 1 siang, dan ketika jam 3 siang masih juga menyantap berbagai hidangan, ketika ditanya sedang apa harusnya menjawab: I have been eating lunch since 1 pm.

Kegiatan yang dimulai di masa lampau (setahun, sebulan, sehari, sejam yang lalu, atau bentuk waktu yang lain) dan masih sedang dilaksanakan saat ini, diceritakan dengan past perfect continous tense.

Rumus gampang untuk mengingat harus menggunakan tense yang mana:
1. Untuk semua kegiatan yang berlangsung secara kontinu, selalu gunakan continous tense.
2. Untuk kegiatan yang sedang dilakukan detik ketika kalimat diutarakan atau ditulis, gunakan present continous tense.
Ex: I am typing a writing on English Grammar.
3. Untuk kegiatan yang dimulai di masa lampau, lihat apakah kegiatan tersebut sudah selesai atau belum. Kalau sudah selesai, gunakan past continous tense; kalau belum, gunakan past perfect continous tense.
Ex 1.: I was sleeping last night from 10 pm to 8 am.
Ex 2.: I have been trying to post something new on my blog since this morning.

Jadi, kalau pacar tiba-tiba bilang I was loving you, jangan keburu seneng dulu. Itu artinya cintanya udah selesai. Yang ingin beromantis ria juga jadi harus lebih berhati-hati dalam merayu. I have been loving you berbeda jauh dengan I was loving you. :)

Sekarang pertanyaannya, apa bedanya simple present tense dengan present continous tense? Kan sama-sama ingin menceritakan kegiatan yang berlangsung pada saat ini.

Yang bisa menjawab dengan memberikan penjelasan yang mantap, tulisannya akan saya pamer di sini, atau silahkan dibahas di blog yang bersangkutan. Kan jadinya seperti berbalas pantun. :)

18 Comments:

  • do you like monkey?

    Yes, I'm Like Monkey ! Hah!!!

    By Anonymous johan, at April 22, 2006 1:15 PM  

  • simple present tense vs present continuous tense?

    i read a book vs i am reading a book?

    simple present tense kebanyakan dipake untuk sesuatu yang habitual, menjelaskan kemampuan juga menjelaskan sesuatu yang dilakukan berulang-ulang *halah itu habitual yak?

    intinya gini waktu bilang i read a book you don't necessarily bilang gitu pas lagi pegang bukunya. bisa aja pas ngobrol kamu sedang gendong koala.

    lain kalo bilang i am reading a book. you are actually holding the book or the book is in front of you.

    kayaknya gitu sih.

    *koala dua laporan! selesai!*

    By Anonymous nananias, at April 22, 2006 1:16 PM  

  • Prsent tense : You like bakso,
    Present continuous : You are like bakso

    By Anonymous hericz, at April 22, 2006 4:00 PM  

  • ...

    Kapan atuh Pipit menjabarkan Passé Historique dan Subjonctive Imparfait?
    Been waitin'

    LOL

    By Anonymous macchiato, at April 23, 2006 8:30 AM  

  • fahmi njengking.
    pake -ing toh? halaaahhh... :p

    By Blogger mimimama, at April 24, 2006 2:37 AM  

  • Wah wah kalau pakai wordpress (dgn fitur category), blog elo ini cukup lengkap pit :)

    By Anonymous Wira, at April 25, 2006 6:33 PM  

  • ditunggu kursusan berikutnya! ;)

    By Anonymous Imponk, at April 27, 2006 7:59 PM  

  • Johan sama Hericz satu idea nih. :) Hemm..kapan-kapan kayaknya perlu membahas penggunaan kata 'like' nih. :)

    Nana: Aduh...koala manolo, pintar sekali dikau. Menang deh, nanti kadonya tak kirim ke Bali ya..itu lho, yang kita gosipin kemaren-kemaren..hihihi.

    Macchi: Permintaannya tega deh. Ini bahasa Inggris aja masih ngap-ngapan sudah disuruh membahas Passé Historique..tegaaa...

    Mimimama: njengking itu apa toh? Maaf, memang tidak gaul saya ini...hihihi

    Wira: Siap pindahan Wir? Udah kepikiran sih, tapi berhubung teknisi gue udah nggak di Singapore lagi, nanti yang mindah-mindahin siapa dong? *puppy eyes*

    Imponk: Terus yang ngasih kursusan dapet honor nggak 'mponk? hihihi..:)

    By Blogger Pipit, at April 28, 2006 10:03 AM  

  • aku ingin kursus bahasa inggris, tapi secara online bukan privat. ada yang mau ngajarin aku gak??? bagi kalian yang baca pesan ini tolong beri jawaban. sms aku ke no 081805360803. terima kasih kepada kalian yang sebesar-besarnya!

    By Anonymous Anonymous, at October 30, 2006 5:00 AM  

  • terima kasih, penjelasan-penjelasan seperti ini sangat membantu sekali dalam pemahaman dan penggunaan bahasa inggis yang baik bagi saya. semoga ke depan dapat terus berlanjut ke pokok bahasan berikutnya..

    By Anonymous Luke, at January 02, 2008 11:21 AM  

  • salam kenal!!

    By Blogger evan'ts en ai, at March 17, 2008 3:40 AM  

  • apa bahasa inggrisnya kelinci percobaan mbak

    penting

    tolong cariin

    Makasih banyak

    Vian

    By Anonymous Vian, at March 24, 2008 7:35 PM  

  • guinea pig(s)

    btw thx pelajaran grammarnya sungguh berguna. utk gw yg otodidak, yg kayak gini nih penjelasan praktis yg gw butuhkan.

    By Anonymous hilma, at October 29, 2008 8:45 AM  

  • Satu lagi nemu orang yang mengamalkan tentang "berbagi ilmu"

    Salut...

    Terima kasih untuk pelajarannya..
    Walalupun kelihatannya materi yang dibawakan sudah umum, namun.. satu hal buat saya, gaya orang yang menjelaskan kan berbeda-beda, nah kebetulan buat saya yang rada bolot kalo nangkep pelajaran, terutama tentang bahasa Inggris, dari penjelasannya Mbak Pipit ini dengan gayanya kaya orang ngobrol sama teman, lucu, buat saya jadi gampang ngingetnya..


    Terusin Mbak...(gaya nulisnya juga dipertahankan) pasti sangat bermanfaat buat orang yang mungkin saja nggak punya waktu atau dana untuk belajar, namun dari blog ini saya dan yang lain bisa nambah ilmu tentang Bahasa Inggris atau yang lain. Hanya Yang Maha Kuasa yang akan membalas keiklasan dan "niat" mulia Mbak Pipit. Kan makin banyak orang yang dapet ilmu dengan cara mudah, makin cepat bangsa ini maju...ya nggak sih?

    btw, boleh saya print ya Mbak, biar anakku yang masih duduk di SMP bisa baca di rumah.

    Ditunggu pembahasanya tentang materi yang lain...


    Salam

    By Anonymous Antonad, at November 12, 2008 7:27 AM  

  • Mantaapp.. trus terang aku terbantu sekali dengan pelajaran ney. Kenalin aku Januar Mahasiswa Fisika UI.
    Aku udah 3 tahun di UI menghadapi buku fisika yang teksnya b.inggris semua, tp tentang tenses gak mudeng-mudeng jg. bukan UI nya yg jelek, tp akunya aja yang agak Oon di b.inggris. Adanya pembelajaran ini, saya jadi terbantu. terusin nulis pelajarannya ya mbak..Saya dukung

    By Anonymous Anonymous, at March 19, 2009 11:03 AM  

  • Salam kenal dan terima kasih untuk pengajaran bahasa Inggerisnya.

    By Anonymous Dilasari Hidayat, at May 15, 2009 5:55 PM  

  • salut, pelajarannya mudah dicerna..

    By Blogger rivai, at September 08, 2009 6:05 AM  

  • makasi atas kupasan materinya mbak..

    kapan post perbedaan antara present continous tense dgn past perfect continous tensenya mbak?
    ditunggu/..

    By Blogger Kecoak, at June 05, 2010 9:24 PM  

Post a Comment

<< Home